Jumat, 31 Juli 2009

Sistem Ekskresi

Ekskresi adalah proses pembuangan zat-zat metabolisme dari dalam tubuh yang berupa gas, air, dan garam-garam mineral.
Fungsi : untuk mengeluarkan zat-zat sisa yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh kita. Sisa tersebut dapat berupa air, garam-garam mineral, vitamin, urea, dan zat-zat racun lainnya.

Defekasi adalah proses pembuangan zat-zat sisa metabolisme dari dalam tubuh yang berupa zat padat (feces).

Organ-organ
  1. Kulit : Disebut organ ekskresi karena mengeluarkan keringat yang terdiri dari air & garam-garam mineral. Kulit manusia terdiri dari 3 lapisan :
a. Epidermis : terdiri dari 2 lapisan yaitu :
1. Kulit Ari adalah kulit yang tidak terdapat jaringan saraf dan pembuluh darah.
2. Kulit Jangat adalah kulit yang terdapat pembuluh darah dan sel saraf serta pigmen pewarna kulit.
b. Dermis : terdapat pembuluh darah, sel-sel saraf, kelenjar keringat, kelenjar minyak, dan berbagai macam saraf peraba.
c. Jaringan ikat bawah kulit : terdapat lapisan lemak yang tebal, yang berfungsi untuk melindungi bagian tubuh yang ada di bawahnya (otot&tulang)

2. Paru-paru : Disebut organ ekskresi karena mengeluarkan zat sisa berupa gas karbondioksida. Bagian terkecil dari paru-paru tempat pertukaran gas oksigen dan karbondioksida adalah alveolus.

3. Hati : Disebut organ ekskresi karena mengeluarkan zat sisa berupa empedu. Empedu merupakan cairan hasil perombakan sel-sel darah yang sudah tua/mati. Cairan empedu yang masih bermanfaat akan digunakan lagi oleh tubuh untuk pembentukan sel darah yang baru, sedangkan yang sudah tidak terpakai akan dibuang melalui ginjal (memberi warna urine) dan melalui usus halus (memberi warna feces).

4. Ginjal : Disebut organ ekskresi karena mengeluarkan zat sisa berupa urine.
Urine terdiri dari sebagian besar air, urea, garam-garam mineral, dan zat sisa lain yang berupa racun. Ginjal manusia terdapat 2 buah terletak di rongga perut bagian belakang. Ginjal terbagi menjadi 3 bagian :

Paling luar disebut kulit ginjal (korteks). Pada bagian ini terdapat berjuta-juta nefron untuk proses filtrasi/penyaringan darah. Nefron terdiri dari badan malphigi, badan malphigi terdiri dari kapsul bowman & glomerulus.

Medula/sumsum ginjal merupakan bagian tengah ginjal. Tempat yang dilalui oleh urine sekunder. Rongga ginjal/pelvis merupakan bagian ginjal yang paling dalam, merupakan tempat untuk menampung sementara urine sekunder.

Ureter adalah saluran yang menghubungkan antara ginjal dan kantung kemih. Kantung kemih adalah tempat penampungan urine sekunder sebelum dibuang.
Uretra adalah saluran yang menghubungkan antara kantung kemih dan organ kelamin.

Video Anatomy of a Kidney






Tidak ada komentar:

Posting Komentar